Monday, September 19, 2016

Di Puncak Gunung Agung 3142 MDPL

Finally list gunung yang pernah saya naikin nambah satu. Yay! Setelah beberapa kali ke gunung Gede (karena itu gunung paling deket dari Jakarta dan waktu itu persiapan buat race di Rinjani) dan dua kali naik Rinjani. Akhirnya setelah finish event major di dunia perlarian se tanah air Indonesia Raya ini ,yaitu Bali Marathon, malamnya saya berangkat ke Pura Besakih bersama rombongan pelari lainnya.
Jadi awalnya gini... sebelum race (Bali Marathon) mulai udah ada grup whats app yang berencana untuk naik ke gunung Agung setelah race. Berangkat malam hari jadi sehabis race masih ada waktu untuk istirahat. Di daftar peserta sih yang bilang siap ikut naik ada 15 orang namun ternyata setelah race karena ada beberapa yang abis full marathon ada yang cancel karena ga enak badan dan lain sebagainya. Emang sih race Bali Marathon kemaren cuacanya panas banget.

Saya sendiri ikut race juga tapi cuman ikut kategori half marathon. Jangan tanya timingnya berapa. Jelek dan ga sesuai target. Aint my fave race day deh.... :p

Okey fast forward ke malam setelah race.. setelah konfirmasi selanjutnya ternyata yang jadi lanjut naik ke gunung Agung cuman 6 orang dari 15 orang yang confirm. But the show must go on. Udah excited banget mau naik Gunung Agung soalnya

Ok 6 of us meet up di Lippo Mall daerah Kuta dan jam 9 baru berangkat dan sampai di Pura Besakih jam 11 malam. Sebenernya ada beberapa jalur buat naik ke Gunung Agung ini:
1. Rute Pura Besakih... jalurnya lebih landai dan viewnya lebih kece (karena gw lewat sini sih..tapi guide gw juga bilang kalo Pura Besakih viewnya lebih bagus).
2. Rute Pura PasarAgung... jalurnya nyooy. Lebih deket cuman 4kiloan tapi nanjaknya edan
3. Rute Budakeling atau Nangka... ini nanya sama guidenya kayaknay sih bagus walau nanjaknya edan juga.. katanya si guide saya pernah nemenin atlet lari buat latihan naik dari sini. Kalau lewat Pura Besakih rute Budakeling ini keliatan kok setelah puncak 1.

Oiya sebelum naik guide nge brief apa-apa aja yang ga boleh dibawa pas ke atas. Ga boleh bawa daging-dagingan apalagi daging sapi dan gunung ini kan amat sangat disakralkan oleh umat Hindu di Bali. Terus ga boleh pake perhiasan... Awalnya sih bilang ga boleh dibawa trus entah kenapa asalkan gak dipake boleh-boleh aja. Oiya buat naik ke gunung Agung mesti pake guide.. tapi saya lupa berapaan heheh.

Dan emang kayaknya kawasan Besakih ini serba dikomersilin deh.. Beberapa tahun lalu pernah masuk Pura Besakih dan mesti wajib pake guide. Yah itung-itung mengkaryakan penduduk lokal juga sih.

So 11:30 malam kita start ngedaki Agung. Tenang gak lari kok saya belum segila itu T_T. Sepanjang perjalanan sih dikelilingi hutan pepohonan dan mendaki dikit tapi lama-lama jadi banyak. Malam itu selama masih di hutan anginnya ga terlalu berasa jadi masih ok lah dinginnya. Macam lagi di kantor gitu sih suhunya. Selama saya bergerak terus gakan masalah sama angin dan dinginnya. Namun kebetulan di grup saya pace nya ga merata jadi kadang tunggu-tungguan. Nah selama nunggu ini saya jadi super ngantuk dan kedinginan.

Malam itu langit bener-bener bersih... Bintang-bintang keliatan banget dan bikin semangat buat nanjak (YES I DO LOVE STARS AT NIGHT). Di pos 2 atau entah pos berapa itu (karena emang gada keterangan nama-nama posnya sih). Saya dan guide berhenti sebentar buat nunggu yang lain. Dan saya cuman bawa jaket wind breaker yang ala kadarnya ga cukup buat saya ga kedinginan selama nunggu. Akhirnya karena heart rate jadi rileks dan sayapun mengantuk. Tapi anginnya dingin banget coooyy! Sayang ga da yang bisa saya peluk-peluk (masa iya guidenya yang saya peluk... hiih) Well akhirnya saya ngeluarin emergency blanket supaya ngerasa hangat. Mendingan sihh.. at least bisa bobo bentar di bawah bintang-bintang.

gagal dapetin foto bintang-bintang... ahahha
Selama ngedaki ini saya sempet tidur 3 kali. Yang pertama tadi itu terus yang kedua pas ada pendaki yang nyalain api ungun (iyess akhirnya ada yang angggeeetttt) terus yang ketiga pas setelah manjat-manjat di rute tebing. Yang ada tempat buat berdoa itu. Disitu tidur agak lama karena kayaknya kepisah cukup jauh. Bahkan guidenya pun juga ngeluh kenapa mereka lama banget karena dia ngantuk (hadeeeehhh). Ada kali saya tidur 30 menitan disana. Pokoknya bangun-bangun saya mutusin buat segera tancap gas buat muncak. I'll meet the other at the summit. Saya mau dapet sunrise pas di puncak

Jadi setelah rute tebing tadi itu medan selanjutnya batu-batu yang kaya bekas kena lahar panas. It looks so hardcore yet beautiful. Dan ternyata Gunung Agung punya 3 puncak. Yang tertinggi itu puncak ke 2. Tapi karena di puncak ke 3 view 360 derajatnya dapet banget maka banyak yang foto-foto di puncak ke 3. Dan tingginya pun ga terlalu jauh beda kok. Saya ga dapet sunrise..pas lagi sunrise malah lagi di belakang puncak satu..Huhuh sedih sih. Tapi I got a beautiful shoot.

semburat-semburat sunrise dari balik puncak Gunung Agung

Sampe di puncak 3 sekitar jam 7an.. matahari udah di posisi yang terang. Tapi view sekitar ga kalah cantik. Dari jauh setelah turun dari puncak 2 saya baru sadar apa yang saya liat dikejauhan. I CAN SEE RINJANI FROM DISTANCE! ALLAHU AKBAR.. si gunung favorit saya dan bulan lalu ditanggal yang sama dan jam yang hampir sama saya juga lagi di puncak Gunung Rinjani dan saat itu saya ada di puncak Gunung Agung. AM SUPER THRILLED DUDE!

Saya sampai teriak saking kagumnya sama view 360 derajat si Agung ini. KEREN PARAH! Dan saya termasuk beruntung bisa ngeliat kecantikan pulau Bali dari 3142 MDPL ini. I got a clear sky at night also a clear view when on summit.

itu itu si cantik kesayangan aku ketliatan dari puncak ini :3

Indonesia emang keren parah siihhhh

Sebenernya ada keliatan beberapa gunung lagi tapi si kamera saya teh kurang kece buat motonya. View gunung Batur pun gak kalah edannya. Oiya guide saya juga cerita kalau dahulu itu tinggi gunung Batur itu ngalahin tingginya gunung Agung. Tapi karena sering meletus jadi tinggi gunungnya terkikis. But Batur lake also super gorgeous right?

Ga lama saya di puncak ternyata ada beberapa pelari trail juga yang barengan ke summit. Tapi mereka lewat rute Pura Pasar Agung. Jaraknya emang lebih pendek tapi lebih curam. Denger cerita mereka aja saya udah pegel duluan. "Cuman 4kilo sih tapi EMPAT JAM" hahahha.

Oiya selama ngedaki ini saya cuman ketemu beberapa pendaki dan menurut saya untuk gunung sekeren ini pendakinya lumayan sepi. Thats another benefit sih.. jadi ga perlu antri lama dibeberapa rute sempit dan apalagi pas foto-foto di summit :p

Sekitar jam 9 an saya dan lainnya turun dengan rute yang sama. Karena mobil nunggu di tempat kita start di awal.

Like you all know kalau saya penggemar berat downhill. Tapi pas naik pun saya juga sempet mikir..ini naiknya aja susah apalagi turunnya :'( ... Saya nanya ke guide gimana teknik turunnnya. Guidenya bilang jangan injak yang pasir tapi pilih batu supaya gak licin. Well OK.... ternyata tipsnya sangat berguna. Dari puncak 3 sampai tebing rute emang berbatu. Dan yang serunya lagi.. kiri dan kanan itu langsung jurang. Jadi kalo ga hati-hati dan konsentrasi bisa bahaya.

Setelah tebing rute selanjutnya kebanyakan tanah dan sedikit berbatu. Jadi super-super licin. Hampir mirip tanjakan penyesalan di Rinjani. Tapi lebih landai dan panjang. Ada beberapa rute yang dikasih tali supaya kalo licin bisa pegangan sama tali itu. Tapi sempet saya khilaf sok sok an pengen nyerodot tapi malah pegangan sama tali T_T.... tangan saya langsung berasa panas kayak kebakar =))))

Jatoh nyerodot sih udah pasti. Dan ini lebih sering banget. Tapi sekarang udah belajar supaya gak gampang kesel kalo sering jatuh. Hahhahaha. Tapi yang rada-rada spooky sih saya turun sendirian jadi karena gunung ini sepi banget sempet ga ketemu siapa-siapa selama turun. Berusaha untuk inget apa iya ini rute yang dilewatin tadi malem *_*.

Well akhirnya jam set 12 siang saya udah sampe di parkiran atas (aduuh saya lupa ey namanya.. Pura apaaa gitu..) Sampe sana dalam keadan lapar ganas dan kaki yang udah pegal-pegal luar biasa. Yah gimana ga pegel.. subuh-subuh lari 21K malemnya naek gunung hahhaha.

Semau berkumpul lengkap lagi jam 2 siang dan saat kita pulang daerah Batur turun hujan. Padahal pas saya di puncak cuacanya lagi cerah. Ah senang sekali dikasih liat keindahan gunung Agung.

Kalau disuruh balik lagi?? Kenapa enggaaaak ? This mountain already one of my favorite mountain (ya iyalaah baru 3 gunung yang dinaekin... LOL)

Well.. intinya liburan ke Bali kali ini sangat sangat sangaaaat menyenangkan.