Friday, December 7, 2018

Road to 100K

Too lazy to write... cemana lah ini. Mungkin saya mau bikin vlog aja deh. Of korss nooo... liat muka sendiri aja geli kalo divideoin.. apalagi bikin video.
Selalu salut sih sama orang yang suka bikin vlog. Berarti level percaya dirinya udah maksimal kayak Awkarin :p.

Mau cerita apa yaaaa... Ok palingan ya ga jauh-jauh dari lari trail yang kemarin saya lakukan. Semoga ga bosen yaa :D.

Soo tahun ini kalau diinget-inget saya cuman ikut 4 trail race.
Tahura di Januari terus ikut BDG 100 di bulan Agustus terus MPC di bulan Oktober tapi DNF (T_T) terus terakhir yah BTS Ultra. Dan 2 marathon yang dua-duanya failed banget resultnya (yaa siapa suruh latiannya ga bener).

Tahun ini misi saya buat nyobain lari 100K akhirnya sukses! terbayar sudah di BTS Ultra tahun ini. Kalau dilihat-lihat dari awal tahun saya pun sebenernya agak egois buat ngambil keputusan ini. Karena saya punya mission tambahan jadi kapten di store terkadang buat saya susah banget buat fokus latihan. Jadi orang paling terakhir tutup toko dan paling pagi buat buka toko buat saya ga nyaman dan kurang istirahat. Sedangkan tahun kemarin saya mesti postponed rencana nuntasin 100K trail race karena mesti implantation yang berdarah-darah.

Jadi dipertengahan tahun saya dropped mission kapten dan fokus untuk ngebangun brand awareness yang jadi goals saya di kerjaan saya sekarang. Dan dengan waktunya yang lebih manageable saya pun juga bisa arrange waktu saya untuk latihan. Yah resiko kerja di ritel mesti masuk di hari wiken. Jadi libur di weekday saya pun kadang agak kesulitan cari temen buat latihan.


Kan bisa latihan sendiri El.... Well if you have someone that you can share the good time it will double the fun! Tapi berkat sering latihan sendiri.. level keberanian saya untuk ikut trail race tahun ini semakin meningkat ! hahahaha.

Di Tahura awal tahun kemarin saya sekali gak fit. Kurang latihan dan not in my good shape. Saya lumayan keteteran di race ini. Padahal cuman 21K dan elevation gain not that high. Terus sehabis lebaran saya mati-matian buat ngebalikin racing mindset and body. Dan akhirnya ikut BDG 100 ikutan yang kategori 50K. Bisa finish dengan waktu yang lumayan dan bisa podium lumayan bisa naikin rasa PD yang sempet ragu untuk balapan di trail.

Karena tahun kemarin di MPC saya podium 3, saya punya free slot untuk ikutan MPS di tahun ini. Mau finish race ini dengan waktu COT yang diperpendek jadi 18 jam (dan tahun lalu saya finish 18 jam 3 menit!) bikin saya agak tertangtaangg.. boong deng. Intinya mah cuman buat latihan BTS 100K . Tapi saya gagal. DNF sebelum naik gunung Merbabu. Padahal waktu untuk COT masih jauh. Saat itu cuaca gunung Merbabu sangat badai. Angin dan kemarau panjang. Bayangin aja kayak badai pasir. Badai ini saya alamin dari turun gunung Andong. Saya pikir badai akan lebih tenang begitu saya turun dari puncak Andong. Ga taunya badainya masih berlanjut. It's so uncomfortable. Karena susah buat ngeliat karena pasirnya masuk kemata. Perasaan saya ga enak dan ga nyaman buat nerusin race ini. Karena saya ga mau ngepush terlalu banyak di race ini. Jeda dari MPC ke BTS cuman satu bulan, if I took too many effort recovery nya akan lebih lama. So that's my another reason to stop the race before finish.

Sesungguhnya saat itu sangat bahaya jika kita terlalu memaksakan ke Puncak Merbabu. Kalau kalian pernah ke gunung ini pasti paham ekstrimnya Puncak Merbabu. Well karena orang Indonesia itu suka banget rasa marabahaya... the race is still on. Kalau denger dari pengalaman temen yang ikut race di Eropa, panitia bisa aja ngelarang peserta untuk lanjut kalau situasi dirasa gak aman. Hmmm di Indonesia... we like to suffer a lil more.

Troooozz akhirnya lomba yang paling dinantikan! BTS Ultra... Kenapa mesti ngambil 100K disini? Well... karena diantara trail race yang nawarin 100K cuman disini yang elevation gainnya paling manusiawi (hmmm...) diantara race lain... dan view gunung Semeru, Bromo, Pasir Berbisik, Bukit Teletubies dan lain lainnya!!! So you suffer but with view at least (halah..).
Sebelum dijebak buat muterin kawah Bromo
kiri kawah kanan jurang... salah injak pasirnya amblas T_T

Di barat Indonesia sampai awal November masih mengalami kemarau panjang. Jadi di Bromo sendiri udah lama banget banget ga turun hujan. Bahkan dibeberapa daerah mengalami kebakaran hutan. Kering sekeringnya. Sebelnya lagi daerah Bromo itu kan sering erupsi jadi abu-abu vulkanik yang turun jadi pasir makin tebal lah dia... Pas lagi race pun beberapa kali pasir masuk ke dalam sepatu yang bikin gangggu. Dan saking tebalnya agak susah buat dilariin. Cuaca siang hari juga panas banget berarti di malam hari suhu juga bakalan drop banget. Di race 100K ini saya juga belajar banyak banget terutama pentingnya untuk disiplin masukin nutrisi ke badan... Saya telat masukin nutrisi karena mual mesti nenggak energy gel. Walhasil asam lambung naik dan semua makanan yang dipaksa masuk keluar lagi. Urgh!

Drop di setengah race dan sempet istirahat lagi sekitar 30 menit di tenda panitia bikin saya keteteran jauh. Ga punya rencana buat kebut-kebutan di race ini. Tapi banyak yang nganggep saya terlalu cepat di awal. Well actually it's just in my tempo. Tapi saya bener-bener ga punya energi buat bikin badan ini senang lagi. Namun berkat mental saya yang semakin berani saya pun mutusin buat lanjut. Dan berkali-kali saya ketakutan ga kekejar Cut Off Time dibandingkan setan. Ga peduli saya sendirian di rute yang gelap gulita dan dingin. Yang penting saya mau finish secepat-cepatnya. Tapi dasar pasir sialan yang ada di sepatu bikin kaki saya blister dan sakit saat turunan!

Saya yang paling bahagia banget kalau ketemu turunan cuman kali ini saya mengumpat sesedih-sedihnya karena ga bisa menikmati turunan seperti biasanya. 10K yang paling menderita yaang pernah saya alamin.

Akhirnya setelah 30 Jam saya bisa finish... (out of target di 27 jam). Rasanya mau cepet-cepet pulang dan berendem air panas.

Lantas setelah selesai 100K saya dapat apa? Well ga juara siiihh... dapet ucapan selamat dari keluargapun boro-boro. Kan keluarga saya paling anti kalau saya ikutan lomba lari.

Yang pasti dapet capek sama cucian kotor segambreng!. Sama rasa senang karena akhirnya bisa nyobain 100K. Dan apakah saya mau upgrade. Well... kayaknya saya mau main di kategori pendek-pendek aja biar cepet nyampe... hahhaaha. Tapi kalau ada yang mau nemenin saya dari latihan sampai race... I think why not :D.

Ah... Thank you lah tahun ini meski agak ngerasa the most single fighter AF di tahun ini (ups) seenggaknya misi saya terpenuhi tahun ini.


Gracias 2018!





No comments:

Post a Comment