Tuesday, June 16, 2020

Pengalaman Dioperasi Pertama Kali (Swollen Lymph Node Biopsy)

Setelah 32 tahun hidup akhirnya ngerasain yang namanya nginep di rumah sakit dan masuk ruang operasi. Nginep di rumah sakit pun sendiri karena dan selalu ditanya "gada yang jagain mba?" hehehe. Dan ketika operasi kalau ga dipaksa sama susternya ga akan minta si Ibu atau Adek buat dateng nungguin operasi.

Asal mulanya ketika udah sebel banget sama ngerasa sakit setiap kali jalan dan benjolan yang ada di paha atas (selangkangan) ga ilang-ilang. Kalau diinget-inget kapan mulai berasa sakit itu sekitar gak lama abis lebaran. Tiba-tiba ada benjolan terus gak lama kemudian setiap kalau dari duduk ke posisi berdiri itu ngerasa sakit banget.

Dan sempet demam tinggi setiap malam selama 3 hari... dikira DB karena panas tinggi dan hasil tes darah trombosit turun dan sel darah putih naik. Tapi emang benjolan di paha emang udah ada dan ga ngira kalau benjol dan demam itu berhubungan. Karena sempat ngira abis kepentok sesuatu sampe benjol jadi cuman dikompres pake icepack.

Tapi kok makin lama kulit makin merah dan benjol makin gede. Udah ga demam sih tapi setiap malam tidur berasa nyut-nyutan dibagian benjol.. setiap stretching kaki selalu gak nyaman karena sakit. Udah minum ibuprofen tapi ya efeknya cuman bertahan sementara. Begitu ilang efeknya nyerinya tuh sampe kayak abis dipukul-pukul pahanya.

Later on karena bingung mau konsul ke dokter spesialis apa akhirnya chat via Alodokter. Cerita soal benjol yang ada di paha dan si dokternya bilang kalau kemungkinan itu abses atau tumor (iyah saya panik sedikit pas dibilang itu) dan coba konsul ke spesialis bedah umum.

Walhasil cek cek rumah sakit mana yang dicover sama asuransi kantor akhirnya pilihlah ke Eka Hospital. Karena dulu pernah punya membernya jadi ga mesti ribet pendaftaran dulu. Dan pas cek ada dokter spesialis yang cewe. Karena posisi benjolnya tuh ada deket selangkangan kan takut enak yah kalo konsulnya sama dokter yang cowo (eh)...hehehehe.

Bikin janji sama dr. Suryanti... dokternya menurut saya sih oke dan kalau saya tanya-tanya juga ga jutek. Yang jutek malah susternya yang ngeliatin saya dari atas sampe bawah... buset dah... kirain scanning temperatur doang ga taunya scanning penampilan juga bagian dari job desc susternya. LOL.

Dokter Suryanti bilang kalau buat di USG dulu biar tau apa yang di dalam benjolan itu. Dia bilang kemungkinan abses.. ada luka di bawah kulit dan kalau ga segera dikeluarin bengkaknya akan semakin membesar. Tapiiii besokannya setelah di USG.. dokter di USG nya bilang kalau bengkaknya ada dua dan memang salah satunya ada abses tapi yang besar itu bukan abses. Karena kalau abses di tengah itu harusnya adalah kumpulan nanah atau sel darah putih yang mati. Tapi yang bengkak terbesar itu kumpulan jaringan dan sel darah merah.

Pas konsul ke dokter Suryantinya lagi... bisa jadi itu pembengkakan kelenjar getah bening atau bahasa inggrisnya swollen lymph node. Ga banyak tulisan soal pembengkakakan kelenjar getah bening di website indo. Makanya banyak referensi yang didapat dari website luar.

Salah satunya dari website di atas.

So let's talk about this case, pembengkakan kelenjar getah bening. Sebenernya pembengkakan kelenjar getah bening itu hal yang sangat wajar dan itu reaksi normal dari tubuh kita jika ada infeksi (virus atau bakteri) yang menyerang tubuh kita. Dan bengkak yang terjadi itu artinya kelenjar getah bening kita bekerja dengan baik.

In some cases... ada yang bengkak tapi ga sakit dan akan kempes dengan sendirinya. But in my case bengkaknya semakin besar setelah lebih dari 2 minggu dan ngerasa sakit plus ganggu banget. Dan diameter bengkaknya sendiri 4cm. Jika bengkaknya diiringin sama demam dan ngerasa sakit kalian harus segera ke dokter. Konsul ke dokter dan kalo ga parah akan dikasih antibiotik buat ngurangin pembengkakan.

Saya sendiri udah muak banget sama rasa sakitnya. Dan pas dibilang buat operasi supaya ga makin bengkak ya saya iyain aja. Karena udah minum antibiotik masih sakit dan kulit makin merah. Dokter sendiri juga butuh waktu buat analisa apakah ada indikasi lain selain swollen lymph node dari benjol itu.

Oh iya cerita proses operasinya sendiri saya masuk ruang operasi sekitar jam 7.30 pagi dan gak lama kemudian setelah dimasukin anestesi saya langsung pules (ahahaa emang dasar pelor). Pas sadar sekitar jam 10an. Dokternya sendiri cerita saat operasi sempet deg-degan juga karena banyak pembuluh darah yang besar-besar disekitar benjolan jadi pas diangkat hati-hati banget. Dan dijahit 5 jahitan.Katanya kalau ada nanah bisa dikeluarin.... haduuuh ngebayanginya aja ngilu. Dan pertama kali pula saya dijahit. Drama sekali memang tahun ini. 

Kenapa sih bisa bengkak dan semakin parah? Selain itu reaksi tubuh karena ada infeksi bisa juga imun ditubuh kita lagi drop. Apalagi dimasa PSBB ini saya termasuk kaum rebahan. Kalau ga termotivasi buat olahraga kerjaannya cuman diem dong di kasur atau nonton netflix sambil ngabisin kue lebaran.

Dan sebelnya si bengkak ini mulai makin berasa ketika saya udah mulai sadar buat olahraga dan lagi punya temen buat sepedahan. Pun imun tubuh itu ga dibuat dalam waktu semalam. Tapi dari pola makan dan gaya hidup. Sayangnya baru sadar ketika udah sakit huhuhu. 

"gw yang jarang olahraga dan ngerokok gak kenapa-kenapa... lah lo yg rajin olahraga malah kena..."
 
Well shit happened. Didoain supaya ga kena dan sehat-sehat terus dan gada penyakit lainnya yah.

Cerita kebeberapa temen yang pernah punya kejadian yg sama, olahraga sama sekali bukan penyebab benjol ini. Justru olahraga ngebantu biar hormon tetap stabil dan imun terjaga. Jadi kalau ada yang nyalahin kalau saya yang berlebihan olahraganya... sinih saya kasih liat data strava saya.... dan bandingin waktu saya rajin olahraga. Justru karena lagi jarang olahraga malah gampang banget kena sakit dan imun terjun bebas.

Jadi jangan pernah salahin olahraganya. Kalau udah kena yah mau gimana lagi. 

Ibaratnya nih kayak nyalahin main bola karena serangan jantung terus meninggal. Bukan olahraga bolanya yang salah tapi mesti ditrace back lagi pola hidup dan konsumsi obat yang pernah dipake. There are many factors in our body itself.

Jadi sebelum menyalahkan sesuatu pelajari lebih dahulu yah. Jangan terlalu cepat menyimpulkan sesuatu tanpa ada analisa lebih dalam.



x.o.x.o
ello


No comments:

Post a Comment