Sunday, December 18, 2016

So Called Brutal Torture Sadistic Race - part 1

Sebagai orang yang suka jalan-jalan dan suka eksplore daerah-daerah di Indonesia ada satu tempat yang hampir semua yang saya kenal sudah pernah ke daerah ini. Daerah itu bernama Bromo.

Iya Bromo merupakan foto-foto yang paling sering saya liat di instagram, facebook atau promo Visit Indonesia sendiri. Gunung yang dari fotonya aja udah keliatan bahwa tempat ini keren sekeren kerennya. Dari beberapa tahun yang lalu pengen banget-banget ngeliat gunung ini dari deket. Tapi ngajak beberapa teman mereka selalu bilang "yaahh.. gw udah pernah Llo..".

Sebenernya sih bisa aja berangkat sendirian kesana. Tapi kook.. kayaknya asa lieur weh kesana sendirian... hehheheh

Terus lagi ditahun ini saya emang udah pengen banget-banget ikutan trail race di BTS Ultra yang kepanjangan dari Bromo Tengger Semeru Ultra. Tahun lalu race ini rutenya bukan rute yang original karena ada kendala kebakaran hutan jadi rute dibuat ngeloop. Sedangkan tahun ini pun pendaftaran baru dibuka sekitar 3 bulan sebelum race. Padahal sudah banyak banget yang nanyain mengenai acara ini. Emang sih kondisi gunung Bromo dari awal tahun ini agak labil dan sering erupsi. Jadi panitia sempet ragu mengenai race ini.

bromo view with my own eyes :)

Tapi bukan Ello namanya kalau gak nekat. Pede banget milih rute 70K padahal saya belum pernah lari ultra di trail. Tahun sebelumnya sih pernah lari 70K tapi di road. Tapi itupun sampe nangis-nangis mau finish dan abis itu kapok buat ikut race ultra. Dan sempet mikir... "ultra aint my race" hehhehe.

Terus setelah liat-liat kalender ternyata race inipun 3 minggu setelah MPC (Mesastila Peaks Challenge). Di MPC pun cuman ambil kategory 42K. Seriously worry about my preparation for BTS. Sempet kepikiran kalo mileage gakan cukup buat endurance selama 70K. Trail PULAK hikkss...

Untungnya pas persiapan BTS saya ada temen yang bisa diajakin long run... Ketika yang lain udah masuk waktu tapering untuk Jakarta Marathon saya malah long run. Terus lagi yang tadinya gak mau ikutan Jakarta Marathon akhirnya nyari-nyari BIB FM yang nganggur.

Terus lucunya pas saya lari FM di Jakarta Marathon saya malah masuk sebagai finisher ke 5 di kategori itu. Padahal waktu finish saya sih ga lebih cepet dari PB Marathon saya sebelumnya. Sekitar 10K setelah lari tiba-tiba ujan cukup deres.. dan saya coba lari stabil di pace 6an... Sebenernya saat di KM 30 waktu saya masuk di 3 jam. Tapi tiba-tiba kedua jempol saya sakit banget. Dan dari situ saya mulai lari - jalan - lari... Padahal kalau bisa stabil sampai akhir saya bisa dapet PB hehhehe. (pamer dikit boleh lah yak :p )

Gegara ujan-ujanan di JakMar... saya sempet flu dan agak demam. Tambah panik karena BTS sebentar lagi. Segala multivitamin saya makan supaya gak tambah drop. Seminggu sebelum BTS pun sempet ke Sentul buat easy long run terakhir. Itupun dengan kondisi flu ngerasa ga enak banget buat ngeuphill. Nafas serasa susah dan sempet agak pusing karena kurang fit. Pulang dari Sentul pun ujan-ujanan karena emang cuaca lagi gak oke.

1 hari sebelum race sebenernya masih ngerasa kurang fit 100% tapi mau gak mau mesti siap. Terus lagi status di Bromo saat saya sampai disana sudah naik dari Siaga 1 jadi Waspada. Sorenya saat sebelum mulai pun cuaca sempet gerimis. Tapi itu gak bikin saya khawatir.

Untuk kategori 70K start dimulai jam 12 malam. Cuaca cukup dingin tapi menurut saya masih lebih dingin di Rinjani kemarin. Start tengah malem dan gak ada bintang-bintang yang kelihatan. Yang bisa dilihat sebelum naik ke B29 cuman semak-semak dan tanah becek karena sore sempat hujan. Sempet salah belok sebelum turunan karena ngikutin pelari yang di depan. Begitu sampai ke daerah yang agak flat sebelum naik B29 saya sudah agak ngos-ngosan...

Wait B29 itu bukan merek sabun cuci melainkan nama salah satu gunung yang ada di kawasan BTS ini. Kenapa namanya B29 konon katanya ketinggiannya 2900 MDPL. Untuk naik ke gunung inipun rutenya meliuk-liuk gitu macam ular. It was a pretty view from the above and pain in your knee when you hike it T_T

Sooo pantes yaahh saya engap banget dan pas naikpun kepala saya sempet pusing... kayaknya telat masukin nutrisi karbo karena udah abis waktu menuju ke tempat ini. Rute disini cukup sempit jadi kalau di depan kita macet maka bakalan bikin antrian cukup panjang. Saya disusul sama beberapa pelari karena ngerasa lemes banget dan butuh booster. Sempet halu kayak nyium bau-bau milo panas dan itu yang bikin saya termotivasi sedikit buat ngepush sampe puncak B29. Heheeheh. Dan ternyata pas sampai sana sama sekali gada milo cuman disediain air mineral. Begini nih kalau ga ngapalin detailnya WS... :p

Begitu sampe puncak B29 rute berikutnya turunan sampe Ranu Pane. Suasana kabut dan gelap banget.. medannya setelah ketemu check point jalanan aspal. Saya gak tau itu bentukannya gimana kalau terang. Yang saya tahu ini downhill and I have to run. Revenge and recover after uphill (yeah... saya masih payah di uphill heheh). Sampe Ranu Pane sekitar jam set 5 pagi. Disini baru beneran ada WS yang lengkap. Saya beneran ketemu milo panas akhirnya ! yaaay hehehe..

Setelah check out dari WS Ranu Pane saya lanjut dan lanjut sendirian menuju Ranu Kumbolo... Oh maannn ini yang saya nanti-nantiin banget!! Selain mau liat Bromo saya juga kepingin banget-banget liat Ranu Kumbolo yang cantik itu.

Excited banget-banget mau kesini. Selepas dari WS Ranu Pane saya masuk ke jalur pendakian menuju Ranu Kumbolo... barusan gugling ternyata nama rutenya adalah Watu Rejeng. Sempet bingung karena ini rute pendakian tapi kok sepi banget dan gak ketemu sama pendaki. Dan saya baru ingat ternyata Pendakian Semeru sempat ditutup karena erupsi Bromo kemarin. Sebelum matahari terbit disekitar saya cuman hutan-hutan dan saya power hike disini. Karena ga punya temen barengan sepanjang rute ini saya cuman nyanyi dalam hati aja.

Begitu matahari terbit saya kira-kira ada diketinggian 2300an something daaaan begitu sadar saya ada dimana dan ngeliat sekeliling... tadaaa ... viewnya KEREN abiiisssss... Punggung gunung-gunung purba yang megah yang bikin saya ciut tapi ga berhenti buat ngagumin kekerenan yang ada di depan mata saya. Kata siapa kalau sering di luar artinya lupa sama Tuhan? saya malah ga berhenti buat dibuat takjub buat kuasanya Dia setiap kali saya keliling Indonesia. Maaf gada poto-poto disini... Next time kalau saya balik lagi I'll promise to take picture saat disini.

Sekitar jam set 6 lewat saya liat ada petunjuk untuk belok kanan ke arah Ranu Kumbolo. Belok kanan yang ternyata mesti nanjak lagi... hiyaaa... Ok ternyata nanjaknya ga banyak dan abis itu turunan menuju RANU KUMBOLO!!! aaaaakkk

Seneng bukan main pas liat danau ini dari jauh... Sempet papasan sama peserta lain dan ngajakin foto tapi saya bilang "nanti aja mas.. nanti kan lewat sini lagi bukan?".... bukan Ello namanya kalau enggak SOTOY hahaha...

Pas ngelewatin pinggiran Ranu Kumbolo pun saya jejeritan macam bocah pertama kali liat pantai... AAHH saya senang banget banget liat danau ini... dan beneran cantik!

Kata teman saya yang udah pernah kesini bilang kalau Ranu Kumbolo rame banget dan kotor karena film 5cm. Tapi pas saya kesini danau ini sangat sepi dan cantik luar biasa... Seee!! Am so lucky... seriously lucky!!

Sesampainya di WS Ranu Kumbolo saya ketemu beberapa teman yang sedang istirahat.. Entah kenapa saya punya target untuk sampai WS di Kalimati jam 7 pagi dan baru istirahat agak lama setelah balik ke Ranukumbolo lagi. Karena rutenya dari Ranu Kumbolo - Kalimati - Ranu Kumbolo.

Berkat film 5cm saya jadi tahu kalau menuju Kalimati saya harus ngelewatin yang namanya Tanjakan Cinta.. konon katanya kalau kita gak boleh nengok kalau lagi naik di Tanjakan Cinta ini.. katanya bakalan putus kalau nengok... Bah! untung aja lagi jomblo hahahaha.

Saya kira rute menuju Kalimati itu ga terlalu hilly.. ga taunya yaah boookkk... nanjak oge lahh hahahaha... oke saya emang sotoy parah hihihhi. Disini sempet kram lumayan karena sudah agak capek dan lapar. Setengah jalan menuju Kalimati saya ketemu Iruth si cewe jagoan dari Bandung dan dia bilang masih ada waktu buat sampe Kalimati lalu gak jauh di belakangnya ada Kang Aris dan dia bilang ke saya kalau saya cewe pertama untuk kategori 70K...

Hmmm.. dari sini saya mulai agak kompetitif nengok ke belakang kayaknya cukup jauh dari beberapa cewe yang kategori 70K. Tapi abis itu power hike lagi supaya bikin gap agak jauh. Mendekati Kalimati saya ketemu beberapa temen yang udah nyampe sana duluan dan lagi balik menuju Ranu Kumbolo lagi. Kata mereka tinggal dikit lagi. Sesampainya di Kalimati saya cuman lapor sebentar abis itu lanjut lagi... Panitianya pun sempet heran kenapa saya gak istirahat.. "Saya mau istirahat di Rakum saja mas".. kata saya saat itu. Sampai kali mati sekitar jam 7an.. lewat dikit dari target saya. Dan jam segitu sudah jam sarapan dan saya sudah semakin lapar. Saya bawa apel dan selama balik menuju Rakum saya lari sambil makan apel... heheheh.

Anyway waktu deket-deket Kalimati akhirnya saya liat gunung tertinggi di Pulau Jawa.. Si Semeru yang gagah banget. Saat lihat gunung itu saya cuman bilang "Hai Semeru.. kamu ganteng banget dari sini. Tapi aku belum mau naik ke puncak kamu... but someday I will... " :p

Semeru behind me! Hollaa

Menuju Rakum kedua kalinya saya bisa nyusulin temen-temen saya yang tadinya ada di depan saya. Sesampainya di Rakum kedua kalinya saya ketemu dengan si penyelamat saya waktu di Rinjani kemarin. Saufi. Dari sini saya minta barengan terus sampe finish.. And he is a great runner.. karena tadinya dia jauh di depan saya. (modus dikit laah biar ada temennya pas lari :p )

kata siapa ranu kumbolo rame dan banyak sampah? hihih
Dari WS keduanya Rakum, WS selanjutnya ada di Jemplang. 15K lebih dari Rakum dan merupakan WS paling jauh diantara WS yang lainnya. Salah satu peserta bilang ke saya bahwa sebaiknya makan dulu karena rutenya lumayan menanjak dan panjang. Tapi saat lari kayak gini saya paling ga bisa makan makanan berat. Yang paling bisa saya makan cuman buah apel atau pisang. Dan itu sudah habis sesampai di Rakum tadi. Masih ada sih stock nutrisi kayak Gu Gel atau Gu Chew gitu. Cuman itu aja yang bisa masuk ke perut selama saya lari.

Saya yang ga tau rute yang bakalan saya hadapin kayak gimana dan saya cukup yakin kalau tenaga saya masih ada sesampainya di WS berikutnya (Ello Si Sotoy back to action). "Lack of knowledge is dangerous" berlaku banget kalau lagi lari ultra apalagi trail.

Saya cuman refil air minum dan ambil pisang secukupnya. Sehabis itu saya dan Saufi berangkat menuju Jemplang. And I told to him "Lets we did it again like Rinjani." Tsaelaahhhh

Menuju Jemplang saya bakal ngelewatin jalur Gunung Ayek-Ayek. Sebelum naik ke Ayek-Ayek kita ngelewatin savana yang dikelilingin bukit-bukit yang bikin saya keinget waktu di Komodo. Cantik dan keren banget. Disini saya dan dia saling tarik-tarikan. Bukan tarik-tarikan kayak film India juga sihh.. heheh

Well.. kayaknya cerita selanjutnya saya lanjutin di postingan berikutnya. Udah agak pegel dan lapar soalnya :D. Anyway saat ngelewatin Ranu Kumbolo kedua kalinya itu baru 38KM looh.. Masih ada 32KM yang bikin saya berujar ke temen saya.. "Bohong banget kalau lebih gampang BTS daripada Rinjani" T_T

Dan bakal saya ceritain momen yang akhirnya saya bilang kalau "Jir... this race so f*cking Brutal..."