Sunday, December 25, 2016

So Called Brutal Torture Sadistic Race - part 2

Well daripada nanti saya lupa mari kita lanjutkan cerita sebelumnya dari postingan sebelumnya mengenai si trail race yang paling epic yang saya ikutin kemarin.

Ok jadi setelah cabut dari si cancik Ranukumbolo saya dan Saufi lanjut menuju WS berikutnya. Pas naik ke Ayek-Ayek ternyata lumayan nanjak dan juga kita lagi saving mode karena rute ini cukup lumayan panjang (meski saya juga ga tau kayak gimana nanti elevasinya). Saya juga bilang ke dia "we better slow hike here...." lalu dia manut. 

Rute Ayek-Ayek sendiri saya juga baru tau setelah teman saya bilang bahwa itu bukan jalur ilegal pendakian karena masih banyak satwa liar dan juga merupakan daerah konservasi. Duh padahal yah ini si Ayek-Ayek ini salah satu rute favorit saya di jalur BTS 70K. Keren banget...! Jadi nanti setelah di puncaknya Ayek-Ayek situ ada tebing yang bisa keliatan Semeru dan setelah itu keliatan Gunung Batok dan Bromo. 

me and Saufi at top of Ayek-Ayek
Setelah puncak ini rute selanjutnya turunan yang panjaaaaaaaaaaaaaanngggggg banget.. saya yang biasanya suka petakilan kalo ketemu turunan. Baru kali ini bosen mesti ngeliat turunan mulu T_T.... Selain karena udah cape dan sadar kalo persediaan minum udah tipis banget.

Keluar dari rute pegunungan ini kita masuk di perumahan warga... cuaca cukup panas dan karena jam gps saya sudah habis baterai saya gak tau lagi udah di km berapa. Setiap tanya orang apakah Jemplang masih jauh mereka semua bilang "masih jauuh bangeet..." oh okeey... tambah lemes...



Oiya karena saya tau saya lagi di posisi pertama untuk 70K pas diturunan Jemplang saya sempet pas-pasan dengan Wani Zuki, pelari dari Malaysia. Akhirnya sampai masuk ke daerah perkebunan yang kayaknya dibuat jalannya buat rute BTS. Dan yang gak lama kemudian saya ketahui itu namanya adalah Jalur Pipa Gas... JENG JEEENGGG...

Sebelum rute uphill jalurnya masih runable... saya yang udah eungap karena ditempelin sama Wani saya jadi lari. Aseliknya saya pengen tiarap..huwaaaa.. tapi entah kenapa mendadak jadi kompetitip gini.

Pas udah mulai nanjak saya beneran udah laper banget.. makanan yang bener-bener ada lumayan kalorinya cuman protein drink dari Nutrilite (uhuuuy). Tapi dengan kompensasi saya mesti kehilangan satu botol isi minuman. Well badan saya udah bener-bener lemes dan cuman mentall yang bisa narik saya dari bawa ke atas dengan rute yang super super steepy.

Untungnya aja pas lewat rute itu lagi gak ujan... kebayang kalo pas ujan atau becek... mungkin saya harus merangkak macam sepidermen :')...

oke lanjut... akhirnya setelah beberapa perjuangan dan ngumpulin pikiran positif dan nyemangatin diri sendiri supaya gak nyerah.. akhirnya bisa sampe puncaknya si jalur ini... dan selanjutnya adalaaah TURUNAN!! yaaayy... tapi turunannya bener-bener curam dan sama sekali ga bisa dilariin buat saya... naaayyy... T_T

Tapi untungnya dikasih tali sih.. dan sebenernya bisa turun dengan cara yang lebih pintar dibandingkan harus merosot serodotan yang bikin celana saya kotor.. hahahaa.

Disini udah kepisah sama Saufi dan Wani... saya barengan sama Mba Valentin Lily yang setrong bangeet ituuh. Saya ngikutin dia dari belakang dan dia bilang dari sini masih lumayan jauh ke Jemplang... huwaaaaa... 

Keluar dari rute neraka ini ternyata masih harus muterin perkebunan... jalanannya aspal sih.. tapi air minum saya udah bener-bener abis banget. Rute nanjak halus. Jadi kadang jogging kadang jalan. Dari bawah kelihatan di atas ada rame-rame gitu... muterin lagu-lagu dangdut. Kami kira itu bakalan ada WS tapi kok semakin dekat saya malah gak yakin. Kayaknya itu acara nikahan. Tapi seenggaknya kalau banyak orang saya bisa minta minum sedikit sama mereka. Saking hausnya boookk....

Dan gak lama kemudian makin deket sama acara panggung yang di atas itu. Saya tanya kalau pelari mesti lewat mana... eh malah saya disuruh berhenti dan dikasih es jeruk. Ya Allaaaahhh itu rasanya itu es jeruk paling enak di dunia! Saya sampe minta nambah doong hahahaha.

Ternyata pas kemarin itu ada launching buku yang ditulis sama Bupati Malang mengenai Tradisi Petekan. Atau tradisi tes keperawanan yang dipercaya oleh suku Tengger. Apa sih petekan itu... Ini penjelasannya .... Petekan

Terus ternyata sekitar 500meter dari sana ada WS bayangan. Seneng banget akhirnya bisa refil minuman dan bebersih dikit karena saya ngerasa dekil banget hehehe. Mereka bilang WS Jemplang masih 5KM lagi... dan terus nanjak teruuusss... Ya Allaaah.. Race ini meni loba tanjakan aseeliik T_T...

Kaki saya juga udah mulai kram... segala gaya udah dicoba.. dari jalan mundur sampe jalan kepiting biar kram ga makin berasa. Hahhahaha. Terus lagi deket-deket WS tiba-tiba ngelewatin banyak lebah. Saya cuman bisa berdoa..."pelis jangan disengat.. saya udah gak kuat lari kalo kaya gini T_T "

Setelah tanjakan aspal yang berbelok-belok dan kebrutalan di jalur pipa gas lalu penyiksaan aspal Ngadas ke Jemplang..akhirnya saya sampe di Jemplang. Bah! rasanyaaa pengen dipelukin satu-satu orang yang ada disana. Olegun laahh...

Anyway sebenernya view dari desa Ngadas ke Jemplang itu kece banget looh.. Dan barusan saya googling kalau desa Ngadas itu merupakan desa tertinggi di Jawa ( http://ngalam.co/2016/01/15/desa-ngadas-sejuknya-kampung-tertinggi-di-jawa/ ). 

Sesungguhnya saya udah laper banget dan minta dibuatin pop mie.. tapi kok pas dibuatin makanan itu ga bisa masuk. Akhirnya saya cuman ngabisin kuahnya aja. Dan untungnya gak lama kemudian saya ketemu teman-teman yang lain. Setelah istirahat cukup akhirnya kita lanjut kependeritaan berikutnya.. hahaha.. ngggaa deng.. lanjut ke garish finish.. 16K ish to the finish line!! whooop whoopp..

Dari WS Jemplang turun menuju perbukitan di Bromo.. Setelah aspal akhirnya masuk ke jalur pasir yang melelahkan. Dilariin hese (susah) ga dilariin ga nyampe-nyampe hiksss... 

sebelum masuk canyon
Setelah rute pasir-pasir gitu kita masuk ke rute ala-ala Grand Canyon gitu. Bukit dari kumpulan abu vulkanik. Sebelum masuk ke bukit-bukit yang lebih gahar tapi keren itu.

sand dunes at Bromo. credit to William L Cheang.
Di bukit itu ada bendera-bendera yang jadi patokan pelari. Seriously not an easy task to do. Karena bukit-bukit itu tumpukan abu jadi kalau salah injak bisa amblas dan nyungsep atau merosot... ah cape banget deh di rute ini.. Karena udah jam 12 siang sampe sini dan saya udah laper amat sangat. Nyampe di check point ternyata mesti naik ke puncaknya Bromo biar dapet gelang. Ya Allaaahh... tega beeneeerr.. sadis parah ini race yaakk hikss...

Turun dari puncak Bromo barengan sama Mahdy sampe finish. Dan ternyata sebelum finish masih ada TANJAKAN lagi! hadeeeeh udah tenaga sisa dan kayaknya Mahdy sampe gemes ngeliat gw yang pelan akhirnya ngasih semangat sampe tanjakannya abis... hiiksss... 

Akhirnya setelah 15 jam sekian-sekian saya bisa finish juga.. Targetnya pengen 14 jam tapi dengan rute original yang kaya gitu dan sedikit ada rasa kompetitif kayaknya 15 jam juga udah oke lah buat first timer ultra di trail. 

Kayaknya tahun depan gakan lagi mau ngulang BTS 70K... 

Aku mau 102K ajaaaa... GOSH WHAT'S WRONG WITH ME!!

Well next year rencananya saya akan ikut beberapa trail race dan sedikit level up rute nya. Namuun eike cuman bingung satu hal... latihannya teh kumahaaa?? Secara saya kerja kantoran dan lari ultra tiap weekend totally exhausting.... heheheeh.

But we'll see ait?


xxx
Ello


ps: Anyway merry xmas and happy holidaaayy !! whats your new year's eve plan? mine... will run at Sentul (AGAINN)  LOL 




No comments:

Post a Comment