Monday, January 30, 2017

Race Repot (Sedikit Report Banyakan Curhat): Tahura 2017

So this is the first race in 2017. Kayak tahun-tahun sebelumnya I always start my year with Tahura Race. Jadi untuk tahun ini saya udah ikut ke empat kalinya. 3 tahun sebelumnya ikut yang 17K dan 2 tahun terakhir selalu ikut yang 21K. Awalnya untuk tahun ini saya mau coba rute Night Trail. Karena kayaknya kok yah tiap bulan selalu ada trail race dari Oktober tahun lalu. Tapi oh tapiiii.. banyak bisikan-bisikan yang bilang untuk ganti ke marathon aja. Dan ngeliat banyak temen yang ikutan… beklah ogut pun apgret ke marathon…… yang berujung ke.. pembelajaran.

Well… jadi dari pertengahan Desember sampai Januari kemarin bener-bener latihan demi Tahura ini. Ngetrail ke Sentul sampe 3 minggu berturut-turut… (sampe kulit kebakar di rute anaconda!). Jadi hamster muterin Soemantri demi ngejar weekly mileage. Dan puasa ga makan gorengan (kadang curi-curi siiih dikit heheh). Duileee ambi beneer yee. Emang ada target sih.. target lucu-lucuan aja… Targetnya finish di 5 besar.. karena begitu liat list pesertanya saya ga yakin bisa top 3. Hehehe.

Dan juga tumben-tumbenan nih saya trail race nginep sama rombongan banyak. Kadang mah asal nginep dimana aja dan berangkat sendirian (kadang saya ngerasa pergi buat trail race itu kayak traveling :p ). Karena diberita tol Cipularang ada yang amblas ples males nyetir mobil jauh-jauh ke Bandung. Saya dan temen-temen rencananya naik kereta pulang pergi. Berangkat Sabtu dan pulang Senin… ceritanya mau jalan-jalan dulu di Bandung.



Kavvtt… apesnya Sabtu pagi saya seharusnya naik kereta tapi malah ketinggalan kereta. Karena gojek saya bawa motornya pelan naujubilah. Padahal saya udah bilang “pak pelis paak keretanya 10 menit lagi…”. Eh malah dia salah jalan doong ! Terus lagi udah tau salah jalan saya malah dibawa ke arah Harmoni. Begitu teman saya nelpon… “El.. keretanya udah jalan…” dan lantas saya langsung bilang “Pak… kita pulang aja.. anterin saya ke rumah lagi.”

Saya sendiri dari rumah berangkat jam setengah 8. Dan kereta jadwalnya setengah 9. By logic seharusnya bisa kekejar banget dari rumah ke Gambir. Seminggu yang lalu pun saya juga ke Bandung naik kereta. Bahkan berangkat dari rumah jam 8 kurang. Tapi kereta masih kekejar. Dan sukses masuk kereta 2 menit sebelum berangkat (hehehe…).

Ternyata drama dihari itu belum selesai. Begitu udah pegel duduk 2 jam di motor pas mau masuk rumah ternyata rumah dikunci. Pas saya telepon si Ibu lagi dimana…ternyata Ibu lagi di sekolah. Huwaaaa…
Jadi yah saya nelepon Ibu sampe nangis-nangis depan rumah.. karena udah capek ples kesel jadi satu. Sampe-sampe ada driver Uber berhenti dan nanyain saya kenapa. Heheheh… Am FAYN kok mz…

Kira-kira adalah sejam saya ngampar depan pager rumah. Dan selama satu jam itu setiap orang yang lewat pasti langsung ngeliatin saya. I was totally look like a homeless person in front of my home. LOL !
Begitu si ojek yang nganterin kunci dateng… cobaan selanjutnya adalah nyari-nyari kunci mobil. Nelpon si adek katanya kunci ditaro disana..terus dia bilang tanya si Ibu siapa tau Ibu yang simpenin. Pas nelpon Ibu lagi katanya tanya si ade karena dia yang terakhir pegaang. AAAAKKK ! KZL !

Meski baru jam 12 siang tapi ini drama dari pagi aja gituuu loohh.. dan kulelaah KHAK!
I was seriously mentally in emotion… begini banget yak mau berangkat ke Bandung the… hiikzz.

Dan karena saya anaknya pintar dan berbakat menjadi partnernya Sherlock Holmes… Si kunci mobil ketemu di tas nya si ade! Dan pas saya kasih tahu… dia cuman bilang.. “Oooh…” … Wataa!!
Itu baru cerita sebelum berangkat ke Bandung loh yahh.. bahkan belom mulai race. Tapi udah lumayan panjang. Hahaha!

Sepanjang perjalanan sih lancar banget sampe kota Bandung. Kalau gak sedikit trauma mungkin saya bakal ngebut banget bawanya (hihihih). Tapiiii… macetnya teh sekitar 2km dari villa. Yang kalo normal 5 menit udah sampe.. ini bisa sejam ajaa gitu. Dan mobil saya kan manual jadi kebayang dong pegelnya betis. Sampe villa pun serasa capek pisan. Bawaannya pengen dipijet sama berendem air anget.

Intinya hari Sabtu itu capek ga puguh lah! (ga penting). Yang seharusnya waktu istirahat dan fueling buat race besoknya ini malah banyak drama. Huffftt.

Paginya pas mau race pun sempet masih pegel-pegel. Bahkan udah stretching dan di shaking dibagian yang pegel masih tetep ngerasa capek. Yaeyaaalaaahh….

Rute awal marathon sama kayak half marathon.. tapi begitu masuk Bukit Bintang udah dipisahin antara marathon dan HM. Awal lari sih masih ok.. tanjakan masih lari-lari cantik. Tapi baru 3km awal (IYA TIGA KILOMETER AWAL) heart rate udah mulai kenceng dan berasa engap. Shit! Masih ada 39km tapi kenapa udah lemah gini. Grrrrhhh kesel asli!

Ketemu beberapa tanjakan kalau di fast hike kepala saya langsung pusing. Buru-buru cari nutrisi atau minuman manis. Tapi hilang terus ada lagi. Something really wrong with my body at that day. Begitu tau dilewatin banyak pelari saya coba untuk push lagi tapi masih tetep gak bisa keep up kayak biasanya. Rute downhill sih masih dengan senang hati saya ugal-ugalin. Tapi event rute flat saya gak kuat buat lari. Banyakan jalan daripada lari. ZBL!

Beberapa kali saya jekpot dan saking keselnya sampe bilang “kalo masih pusing di 21K mau DNF!”. Tapi untung ga jadi hahhaa. I have to finish what I’ve started. Meski ga bisa nikmatin selama rute padahal Bandung lagi ok banget pagi itu karena malemnya abis ujan dan paginya cerah. OIYA! Karena hujan rutenya banyak yang becek dan licin. Saking beceknya saya males buat lari karena males buat quick feet. Tapi karena jalan jadinya mesti nahan-nahan biar ga kepleset anggeur weeh capek! Hahaha…

So far it was the worst trail race I ever did! Bukan karena rutenya tapi kondisi saya yang lagi ga fit. Kayaknya ada beberapa faktor. Dan kebanyakan faktor non teknis. Kan ssebel banget kalo kaya gitu. Hrrrrr.



Lesson to be learned:
1.  Jangan drama sebelum race. Sebenernya telat dateng ke stasiun itu bisa dihindari dateng 2 jam sebelum jadwal T_T.
2.   Perhatiin asupan nutrisi. Disaat lagi peak training saya lupa masukin zat besi. Meanwhile saya tipe orang yang gampang kehilangan zat besi (mostly cewe sih gampang banget kehilangan iron/zat besi karena menstruasi). Ditambah lagi saya hipotensi…. Begitu kurang darah langsung lah yah… DIE!
3.  Hindari kejenuhan… kayaknya badan saya udah jenuh banget sama lari. Dan saat itu saat mileage saya ga sampe pasti saya langsung ngejar buat nutupin mileage. Macam orang sales dikejar target mingguan. Hayaah! Seminggu sebelum race saya udah sering ngeluh bosan. Dan lama-lama eneg banget liat Sumantri hehehe. So listen to your body… very carefully.

Lagipula emang udah diharusin istirahat dulu biar ga ugal-ugalan mulu. Setahun kemaren kebanyakan program latihan hahhaha. Ohya saya sempet ngerasain nyeri sedikit di bagian rusuk kanan bawah. Jadi setiap nafas panjang atau nekukin punggung pasti nyeri. Sampe saya kebangun malem-malem karena sakit ini. Pas kemaren di Tahura juga sempet ngerasain ini tapi karena saya pikir karena lagi kecapean si badan mulai aneh-aneh.

Anyway jadi setelah Tahura kemarin selama 3 hari saya bener-bener ga olahraga. Event light strength training pun enggak. Trus pas hari Minggu saya lari lucu-lucu gitu di CFD. Ya ampuuun seneng banget akhirnya bisa lari lagi. Ahahahaha. Ples berkat ibuprofen nyeri di rusuk saya udah sedikit berkurang. Yay!

Well next race will be Coast To Coast. Masih sedikit gambling… should I run or not.
But we’ll see ;)


xxx
Ello


No comments:

Post a Comment