Monday, February 13, 2017

Tes Kecerdasan di Selatan Jogja

Wihii.. baru aja balik dari Jogja terus lagi mager ngerjain ppt buat presentasi. Yawdah saya mau posting cerita trail kemarin. Lari-lari lucu tengah malem di Jogja.


Loohh.. katanya mau recovery? emang udah bisa lari? katanya kapok? banyak yang nanya begitu pas saya posting kalau saya jadi lari Coast to Coast. YHA namanya juga cewek yaa.. gampang sekali berubah pikiran. heheheu.



Iya sih kemaren abis Tahura seems samting wrong gitu sama badan saya. Agak sedikit nyeri kalau tarik nafas dalem-dalem. Buat lari rekaperi pun ku tak mampu. Selesai dari itu tiba-tiba kaki kecengklek gegegara maen handball. (Ya ampuun jadi cewe petakilan amat yaak :p). Sempet bete juga sih.. karena ini seminggu sebelum Coast To Coast. Sampe kepikiran kalau emang masih sakit kakinya palingan tetep berangkat ke Jogya tapi mau tur AADC sendirian (biar kekinian) hehehe. Tapi ternyata setelah direndem es dan ditaping ala-ala Ello, besoknya dicoba bawa lari 5K udah ga berasa sakit. Terus besoknya coba lari lagi 15K udah gada rasanya (sakit di kakinya loh yahh bukan di hati...*eh).

Kamisnya saya penasaran buat lari lagi...Well Alhamdulillah masih ga berasa sakit


Soo.. agak modal nekat dan sotoy aja sih akhirnya mutusin buat tetep ngelariin 50K di CTC. Dan ngerasa agak under train juga karena weekly mileage selama dua minggu ga pernah nyampe 40K... so skeri...



A wise man ever said (not to me... tapi saya nyolong quotes dari Pinterest heheh)

Failure is the opportunity to begin again more intelligently. - Henry Ford
Jadi setelah gak puas sama hasil Tahura kemarin saya coba evaluasi apa yang salah. Well persiapan buat lari itu gak cuman dari weekly mileage atau strength training. Saya sempet lupa bahwa komposisi latihan yang benar itu 70% nutrisi itu dan 30% latihan. So.. if you eat right semua latihan yang dilakukan insyallah memberikan performance yang baik. (And it based on my personal experience).


So selama 2 minggu kemarin I really really watched what I ate. Selain saya punya tekanan darah rendah (hipotensi) dan agak gampang kehilangan iron. Ketika kurang istirahat lalu dipaksa untuk aktifitas tinggi saya bakalan gampang lemas. Bahkan jika parah saya bisa mendadak kedinginan. (biar ada alesan minta dipeluk... #lah).


Biasanya pun kalau udah masuk minggu-minggu yang intens saya pasti konsumsi vitamin iron. Atau enggak saya pasti makan sayur bayam dan ati ayam. Jadi selama 2 minggu itu menu makan siang di kantin pasti akan selalu sama... harus selalu ada sayur bayem. Dan kalau lagi skip sarapan di rumah saya biasanya kabur ke kantin buat beli bubur ayam pake ati ayam. Kenapa? sok lah gugel aja.. nanti kepanjangan postingannya :p.


Ok back to lari-lari tengah malem di pinggir pantai yang dengan ekspetasi bisa liat sunrise di pantai. Harapan hanyalah tinggal harapan. Begitu sampai Yogya, Sabtu kemarin, cuaca nya ujan-ujan manja gitu. Malamnya pas sampai race central pun ujan. Enaknya ujan-ujan gitu teh makan indomie abis itu main capsa. Yatapi untung aja race centralnya jauh dari hotel ya maugamau lahh mesti lari. 



Pas start pun ujannya gerimis-gerimis rumpi. Saya awalnya pake jaket wind breaker karena takut pas lari banyak angin. Eh ga taunya anyep banget. Gada angin tapi basah-basah aja gitu karena ujan. Jadi berasa gerah dan engap. Selama 5K awal rutenya lari di pinggir pantai. Berasa kayak lari di Legian gitu deh... tapi mines cowo-cowo seksi. Yemana ada lah orang normal lari dipinggir pantai jam 12 malem. WARAS bro??


Baru 5K lari aja heart rate udah tinggi... padahal pace nya gak kenceng-kenceng amat. Begitu keluar pantai masuk ke rumah-rumah warga. Rutenya agak flat dengan cenderung banyak tanjakan. Heheheh. Disinipun saya selalu berprinsip "jangan lari ditanjakan..." soalnya 50K masih jauh boook. Latian aja kurang mau jadi apa lari ditanjakan. Pffttt.

Dengan metode begini saya sukses disalip banyak orang. Apalagi cewe-cewe yang pada setrong yang larinya kenceng-kenceng. But I took no pressure in this race. Bisa pinis ga maot aja udah prestasi. 


Dari km awal sampe di km 15an barengan sama Rizky, pelari dari Surabaya. Udah janjian dari sebelum race minta ditemenin. Etapi pas setelah nyasar di km 12an begitu masuk hutan agak macet sama pelari yang takut-takutan diturunan. Karena ga sabar dan ngerasa badan jadi dingin karena mesti banyak berhenti saya nyalip ke depan di rute yg sempit itu. Dan saya lupa kalau si Rizky ketinggalan. Hahhaha. Semenjak itu partner lari saya berubah. Jadinya lari sama Bagus dari RFI trail.



Pokoknya di race kemarin partner lari saya berubah-rubah deh.. hehehe. Karena gak mau sendirian tengah malem in the middle of no where. Dan seru aja pas lagi engap-engap nya lari punya temen ngobrol baru kenal. Biar gak kepikiran capeknya. Saya sih seneng mungkin merekanya bete karena lagi ngos-ngosan gitu malah ditanya-tanya :p.



Lucunya ada satu rute yang ngelewatin pohon beringin yang gede alaihim gambreng. Dan itu pohon mirip banget kayak pohon beringin yang jadi logo partai Golkar. Edan lah asa horror gitu. Saya yang tadinya ga banyak ngomong sama Rizky mendadak langsung banyak nanya. Hahahah daripada mikir yang aneh-aneh.



Udah gitu selama rute di tengah malam gelap gulita cuaca agak berkabut. Sampe saya nanya ke Robi (another partner lari yang baru kenal :P) ini head lamp saya yang rusak atau emang begini sih cuacanya? Abisan kayak banyak bintik-bintik gitu di bagian yang kena sorot head lamp. And yes I did wipe my head lamp to recheck :'). 


Kita lahir dan mati sendirian, begitu pula saya sempet lari sendirian digelap gulita. Setelah selesai refil air dan makan buah di CP 4 saya pengen lanjut lari. Tapi nampaknya yang lain belum selesai dan masih istirahat. Karena saya tipe pelari yang ga suka istirahat lama-lama di WS ya udah saya beraniin buat lanjut lari. 

Karena sesungguhnya trail itu terkadang adalah tes kecerdasan dimana tes kecerdasan yang dimaksud adalah membaca marking dari panitia, saya sempet salah belok.. tapi untung diteriakin sama adik-adik kicil yang udah bangun pagi. Wohooo you save my life kiddos!!


Oya salah satu sakses stori di race ini saya bisa stay alive di tanjakan yang panjang dan durjana itu. I mean... bisa terus naik tanpa berhenti-berhenti. Padahal yah ada 2 rute tanjakan yang rasanya gak abis-abis. Pertama di KM 24an menuju WS di KM 28an. Abis itu saya udah dikasih bocoran kalau bakalan ada tanjakan yang lebih tajem lagi di KM 34. Tanjakan beton yang fenomenal di CTC. Kedua tanjakan itu sukses bikin saya tambah inget sama Allah. heheheh.... 



view dari km 34


But.. abis dari tanjakan durjana kedua saya ngerasa udah sedikit lelah. Telapak kaki saya ngerasa sakit banget. Belom lagi kontur tanah selama race ini campuran batu dan karang. Ditambah lagi ternyata si telapak kaki saya blister. Setelah bertahun-tahun lari baru kali ini ngerasain kena blister. Pffttt.


Tapi emang setelah tanjakan dari KM 34 bakal ketemu sama pelari 25K. Gak lama saya lari (baca: jalan) saya ngedenger sama suara yang familiar dan ngomong "kayaknya gw kenal nih sama cewe depan gw!" 


Aaakkk ternyata ada Ari dan si gemblong Daus! Mereka masih seger-seger banget sedangkan saya udah jompo.. kaki agak berat dan telapak mulai nyut-nyutan berasa ada batu di dalam sepatu. Hufftt untung aja ketemu mereka.. lumayan bisa narik saya dan ada hiburan sampai garis finish.



10K terakhir menurut saya itu rute yang paling nyebelin di CTC. Muter-muterin rute batu-batuan (serasa turunan Cibodas di Gede). Abis itu masuk ke Pasir Gumuk yang muterin hutan rawa dan naik turun bukit pasir. Ya Alllaahh gengges banget deh. Padahal bunyi ombak itu udah kedengeran dari 4K terakhir. Tapi masih muter-muter di tengah pasir Gumuk itu. Pokoknya selama itu saya cuman bisa kesel. Lari udah ga bisa karena kaki udah sakit. Dan udah bosen banget sama si Pasir Gumuk itu. 


pasir gumuk yang naik turun ini

Emang gak separah Grand Canyon ala-ala dan gunung pasir Bromo sih.... tapi yaah beda laahh. Kesel aja bawaannya. Hahahhaah. Tapi untung aja barengan sama Ari dan Daus jadi ada hiburannya :D.


Begitu keluar dari Pasir Gumuk langsung beneran liat pantai. Wohooooo.. Karena kepengen finish time nya ga jelek-jelek amat saya langsung lari-lari cantik sampe finis.



Padahal niatnya kalau abis finis teh pengen guling-guling di pantai. Trus foto yang agak instagramable lalu dikasih kepsyen "pisces belongs to water". Tapi apa daya.. begitu ketemu es cingcau yang enak banget di garis finis saya langsungg terlena. Hahahaha.


Menurut saya Coast To Coast cukup oke buat dicoba. Karena kita start dari 0 MDPL dan total akumulasi ascent nya sendiri juga lumayan 1597m. Sebenernya juga udah dari awal event ini pengen ikutan tapi selalu gagal. Tapi dengan sedikit kenekatan akhirnya bisa juga ngerasin Coast To Coast Night Trail tahun ini.

Kudos to all committee. Acaranya menurut saya juga rapih dan seneng banget ketemu banyak temen baru.

So next race will be Rinjani 100. Saya udah daftar yang 60K. Tapi mendadak dapet sesuatu yang bikin saya seneng banget-banget.. Dan kemungkinan agak susah bagi waktu buat latihan Rinjani. But.. we'll see ;)


PS:
-updated February 20, 2017

xxx

Ello





No comments:

Post a Comment