Friday, May 4, 2018

Kabur Ke Selatan Bali

Beberapa hari setelah saya setelah ngerasa udah jenuh banget sama kerjaan (tumben banget yekaan)... saya mutusin buat liburan. Awalnya sempet nekat mau ikutan Rinjani Ultra ambil kategori 36. Masih bisa lah finish meski mepet-mepet dikit COT kayaknya.

Eh tiba-tiba dengan random saya dengan random ngajakin Renda buat liburan ke Bali dan dia mau. Ya udahlah arrange-arrange jadwal dan pesen tiket segala macem. Meski sempet salah booking tiket, baliknya malah dua bulan setelah berangkat (I WISH I COULD!) ahhaha.

Oke akhirnya Minggu malem selesai kerja langsung siap-siap ke bandara. Flight pesawat jam 11 malem berarti sampe Bali sekitar jam 1an keesokan harinya. Begitu sampe Ngurah Rai (tapi mesti ngecek kerjaan dulu sebentar) abis itu langsung makan di Warung Nasi Bu Andhika. Lupa doong belom makan malam saking eksaititnya mau ke Bali. Anyway soal WarNas Bu Andhika ini kenapa makin lama makin mahal yah dan rasanya jadi 'B' aja. *IMHO

Kalau biasanya ke Bali cuman sebatas Kuta, Legian, Seminyak dan Ubud (itupun karena ada rmarathon yang paling major seIndonesia raya yaa...) kali ini bisa nandain peta kalao saya udah pernah ngetag lokasi di selatan Bali. Iyess kali ini mau liburan ke tiga pulau kecil di selatan Bali. Nusa Lembongan, Ceningan dan Penida.

Sempet gugling dan blog strolling sana-sini masih belum terlalu banyak yang review atau kasih tips kesini. Kebanyakan sekarang udah pada bikin vlog sedangkan saya masih old school pisan ey.

So jadi kalau kalian mau main-main ke Nusa-nusa yang ada di selatan Bali here is the fact that you should know:
1. Ada 3 pulau, yaitu Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida
2. Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan itu cuman dipisahin sama jembatan kuning a.k.a Yellow Bridge yang panjangnya kurang lebih 100 meteran. Dan Nusa Penida pulau paling besar bisa disebrangin dari Nusa Lembongan sekitar 15 menit.
3. Penginapan di Nusa Lembongan kebagi di dua titik. Dekat Pelabuhan Teluk Jamur atau Mushroom Bay dan di Mahagiri. Mushroom Bay kayaknya baru berkembang tapi deket sama Yellow Bridge. Cari makan juga ga susah. Di dekat pantai Mahagiri rame dan banyak penginapan karena dekat sama Mangrove yang jadi salah satu daya tarik Nusa Lembongan.
4. Kalau kalian mau cari night life (after 10pm) bisa dateng the one and only party place di Nusa Lembongan, yaitu di Jibaku. Disini ada DJ yang playlistnya ok sih menurut gw.
5. Kalau kalian suka yang lebih tenang bisa duduk sambil merenung atau kontemplasi di Mushroom Bay.

Nyebrang dari Sanur ke Nusa Lembongan cukup murah kok. Untuk harga lokal bisa dapet 70 ribu. Waktu saya nyebrang kayaknya cuman kita berdua yang nyebrang pake tas keril segede gaban. Kebanyakan turis yang cuman pulang hari nyebrang ke Nusa Lembongan.

Tips buat kalian yang mau nyebrang, sesampainya di Pelabuhan Sanur kalian langsung belok kanan. Karena disana lebih banyak provider kapal cepatnya. Jangan lupa pilih kapal cepat sesuai tujuan kalian... karena disana macem-macem banget. Ada yang ke Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Dan sebelum beli cek dulu mereka berhenti di pelabuhan mana.
Tips lainnya usahakan berangkat dengan kapal paling pagi karena semakin siang ombaknya semakin gede. Kalau kalian gak kuat bisa mabok. Untungnya kemarin saya dan Renda lagi ngantuk banget. Jadi begitu naik langsung seett...zzzzz :p

Di Nusa Lembongan saya nginep di Nusa Garden Bali Homestay. Harganya ok banget dan kamarnya nyaman dan saya suka banget sama konsep kamar mandinya.. hehehe. Terus lagi lokasinya gak jauh dari Mushroom Bay tinggal jalan 5 menit.
Harganya murah kok, dua malem saya book di booking.com cuman kena 360ribu (best deal, no?).
Tempat saya stay sangat basic, tapi ada Wifi dan air panas dan lagi bersiiih banget kamarnya. Kalau kalian mau yang lebih oke lagi ada aja sih. Saya rekomen cari tempat yang ada kolam renangnya. Yah lumayan sih buat dipping tipis-tipis kalau lagi kepanasan.

Ngapain aja di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan ?
Kemarin sih saya ga terlalu banyak explore di Nusa Ceningan. Tapi sempet berhenti makan siang di Le Pirate, yang ternyata tempatnya instagramble banget. Bentuk kamarnya lucu banget. dan viewnya kalau lagi gak surut mungkin oke kali yah. Kemarin pas saya kesana lagi surut view pantainya. Jadi yahhh gak wah wah banget sih. Saya juga baru tahu kalau nginap di Le Pirate ini mehong banget hahaaha. Makan siang disini juga rasanya biasa aja dan harganyaaaa.. yaaah begitulah heheheu.

Setelah itu saya pergi ke Pantai Mahagiri dan disana juga pantainya lagi surut. Maklum lagi bulan purnama jadi air laut siang hari akan surut. Kalau malam tempatnya oke sih banyak lampu-lampu dari hotelnya dan suasananya oke sih sambil bobo - bobo cantik di pantai :p. Dari sini juga keliatan view Gunung Agung. Kalau lagi cerah katanya bisa keliatan jelas banget. Tapi sayang kemarin Gunung Agung masih erupsi jadi kurang kelihatan cerah.

Menjelang sunset saya menuju Devil's Tears. Sebenernya menuju lokasi ini kita bakal ketemu sama dua lokasi. Dream Beach dan Devil's Tears, tapi setelah saya liat-liat pantai disini gada yang bisa diberenangin. Cuman bisa diliat doang. Sedangkan defenisi pantai buat saya adalah pantai = main air! heheheu.

Devil's Tears sini lokasinya semacam tebing yang kena hempasan ombak dan ombaknya gede-gede macam dari Samudra. It's sooo wild but felt like they are singing rock and roll song.
Sensasi ombak pecah kena tebing karang itu yang seru. Belum lagi airnya itu kayak muter-muter di bawah karang kaya dimixer. (ahahaha maafkan analogi saya.... :p)

I really enjoying the wave instead of the sunset heheh

View sunsetnya buat saya disini oke sih dan saya suka sama sunset yang ada drama-dramanya gitu.. kayak ada viewnya gak cuman laut tok doang hehheh.

Selesai nonton sunset kita makan malam dekat homestay, nama tempatnya Hallo. Pelayanannya ramah-ramah banget sih tapi kemaren pas saya kesana mungkin karena ramek banget pesanan saya lama banget jadinya. Padahal cuman pesan mie goreng aja :(.

Besoknya niat kita mau bangun pagi dan cari provider snorkelingan keliling nusa lembongan dan penida. Tapi karena tidur larut banget jadi baru pergi jam 9 an hahahaa. Jadinya saat kita ke Yellow Bridge kebanyakan kapalnya udah pada berangkat. Huffttt.
Akhirnya kita dapet kapal dengan harga 350ribu/pack dengan 3 spot. Kalau 4 spot dia minta 400ribu. Menurut saya paketnya mahal siih. Tapi pas searching segitu udah harga normal buat paket snorkelingan.

Naik kapalnya dari Mushroom Bay dan ada beberapa spot yang ditawarin. Tapi karenan ombaknya lagi gede banget mendadak jadi ciut... karena takut capek berenang lawan arus. Spot pertama berhenti dekat Mangrove Point... Under waternya biasa aja sih. Terumbu karangnya udah banyak yang putih dan ikan-ikannya kecil tapi banyak. Disini pun gak terlalu lama karena gitu-gitu aja dan bosen.
Spot kedua ke Budha Point. Disini lokasinya antara Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan dan banyak banget diversnya! Pas disini visibilitinya pun gak oke. Plus banyak bubbles bubbles dari divers jadi tambah burem lagi hehehe... Tapi ikannya disini geda-geda... kalau kalian mau mancing kayaknya disini spotnya cociks deh !.

Selanjutnya adalah spot favorite saya... yaitu Gamat Bay atau Teluk Gamat!. Duh lokasinya itu dekat pantai tapi coralsnya.... Masya Allaaah! warna-warni bangeett... dan gede-gede juga! Ikannya pun juga macem-macem. Sukak banget berenang disini dan gak bosen. Sayang banget kamera saya mati pas berenang disini jadi ga sempet foto-foto..

Teluk Gamat ini posisinya udah masuk Nusa Penida sih jadi sebenenrnya ketiga pulau ini gak jauh-jauh amat buat dikelilingin tapi emang ombaknya gede-gede banget.

Well cerita selanjutnya soal Nusa Penida dilanjutin berikutnya yaaa...