Thursday, August 2, 2018

Follow Your Passion or Follow Your Strength At

If you live in Indonesia dimana kita sejak jaman sekolah gak pernah di drive buat nemu apasih passion kita. Atau subjek apa aja yang bisa kita sukain dan fokus sama hal itu. Pasti setelah lulus sekolah atau kuliah kita akan nemuin kebingungan buat nentuin apa yang bakal jadi karir kita selanjutnya.

Contohnya saya... Saya suka banget sama yang namanya pelajaran sejarah. Saya pengen jadi ahli arkeolog yang bisa kerja di museum atau gak ikut pertukaran budaya dan ngenalin sejarah dan budaya Indonesia di event-event luar negeri. Jadilah saya kuliah awalnya milih Ilmu Sejarah. Setelah enam bulan kuliah I was completely lost!. Sama sekali gak ngerti mata kuliah yang diajarin dan too much baca bacaan yang ditranslate bikin saya pusing dan gak nyambung.

Next semester saya minta buat belajar persiapan penerimaan mahasiswa baru tapi ternyata gagal. Dan udah kadung jatuh cinta sama Bandung akhirnya saya milih buat ambil jurusan Akuntansi. Banyak yang bilang kalo anak IPS itu buangan dari IPA. But probably in my case I just love learning from theory and having some application on it. Tapi jujur ya pelajaran science itu buat saya berat banget. Selalu dapet nilai jelek meskipun udah setengah mati belajar. Tapi kalo belajar ilmu ekonomi, sejarah, geografi dll saya enjoy banget. Dan tipe belajar manusia beda-beda yakaan... Mungkin saya dianugerahi otak yang imajinatif jadi kalau pelajaran yang ga bisa ngayal itu akan agak sulit. Hehehe.



Ok salah satu alasan lain kenapa milih jurusan Akuntansi pun dulu karena pertimbangan orang tua supaya cari kerja setelah lulus akan gampang. Did I? Well sejujurnya perjalanan karir saya pun fail, fail again, fail better sih... (sounds familiar ? :p). Setelah lulus pun sempet nganggur 3 bulan dan kerjaannya cuman buka Jobstreet dan apply semua kerjaan. Heheh..


Dapet panggilan pertama kerja pun jadi guru les bahasa inggris! Iya bener! dan itu cuman bertahan 6 hari. Karena gak kuat karena mesti kerja 12 jam sehari dan dibayar cuman 800ribu! 
Gak lama dari itu nerusin kuliah. Nah sambil kuliah punya temen baru yang udah pada kerja. Dapet info dari temen apply lah di konsultan pajak. Konsultan yang notaben isinya cewe semua dan aselik senioritas banget! hahahah. Gw berhenti bisa dibilang karena gw difitnah... I dont know.. once they told me that something not right and not true and without the fact.. I just was.. that's it I HAVE TO LEAVE. 

Terus akhirnya jadi auditor di konsultan kecil.. (eh akutu lupa.. jadi auditor dulu atau konsultan pajak dulu.. hahaha). Selanjutnya di dunia audit ini pindah ke konsultan second tier (belum big 4 KAP sih..). Disini ternyata saya nemuin serunya belajar audit dan jadi suka dengan dunia audit. Dapet temen-temen yang seru dan baik. Cuman keselnya kadang dapet klien yang jauh-jauh dan dapet manajer yang pait. Gak lama kemudian resign karena dapet klien yang kerjaannya mesti balik jam 2 pagi dan manajer yang ga seneng kalo anaknya pulang duluan meski kerjaan udah beres. Jadi notabennya saya lembur sebenernya karena nungguin dese lembur!. Pffffttt. Selama dapet klien itu setiap pulang ke rumah saya nangis. Nangis karena capek.. Pengen udahan dan saya yakin nyari duit ga mesti secapek itu.

Yhaaa mungkin ada yang nilai saya lemah tapi saya lebih prefer balance life and work aja siii. Buat apa punya banyak duit tapi ga bisa dinikmatin yakan..

Nah tahun-tahun selanjutnya saya lama di company (istilah buat dari yang biasa kerja di konsultan masuk ke perusahaan 8-5). Awalnya si seru-seru aja.. apalagi di perusahaan yang sebelumnya mengapresiasi hobi saya dengan mulai branding with running event. Mereka minta opini saya dan I felt so heard!. Meski itu bukan main job desc saya tapi setiap ngerjain itu saya suka banget. Bahkan kerjaan yang sebenernya malah keteteran hehehe.

Sebagai kutu loncat di perusahaan sebelumnya termasuk rekor banget bisa bertahan sampe 4 tahun! heheehe. Nah di tahun terakhir saya udah mulai ngerasa jenuh banget. Bawaan ke kantor udah gak semangat dan ga ngerti mesti gimana supaya semangat lagi. Dan emang yang namanya rejeki udah ada yang ngatur.. Saya selalu percaya kalau dalam hidup mesti out of the comfort zone. Dan saat itu saya ngerasa lagi agak nyaman dan kurang tangtangan... (coba dilempar tang nya...HAP).

Tetiba ditawarin buat kerja diperusahaan yang saat ini ngedukung penuh passion saya. Saya sendiri awalnya juga kurang tau passion saya dalam hidup itu apa. Kalau ditanya dulu hobinya apa... pasti jawabnya travelling. Well siapa sih yang ga suka sama jalan-jalan. Dan emang anaknya ga bisa diem. Saya kalau duduk lebih dua jam pasti udah gatel mondar-mandir. Terus lagi saya anaknya kepo.. makanya bisa cocok sama kerjaan auditor :p. Suka banget sama yang namanya belajar (tapi paling ga suka sama ujian serta thesisnya ituuh) heheheu. Untungnya di perusahaan yang sekarang ini semua team nya di drive buat belajar secara autonomously. Which itu udah jadi pola belajar saya dari kecil. 
I do love to read! Dulu sebelum ada gadget kalau lagi buang air saya selalu baca semua tulisan-tulisan di botol sabun, sampo dan odol! hahahaha.

Dibilang pinter sih saya ngerasa gak pinter-pinter amat... kalau pinter aing mah kuliah di ITB ngambil jurusan Teknik Kedokteran yakaan... Tapi saya cuman punya modal "Mau". Iya saya mau belajar. Saya mau belajar gimana caranya berlari dengan teknik lari yang benar. Lalu saya mau belajar gimana caranya bisa lari dengan cepat. Lalu saya mau belajar tentang anatomi tubuh manusia (maaann.. i am super curious dan suka banget baca tentang ini!). Saya mau belajar tentang suatu sistem.

So how can you survive in this vast modern world? Mau belajar! Kalau bingung sama apa yang diajarin saat ini pola belajar udah banyak banget. Kalau kamu ga bisa baca bacaan terlalu banyak bisa coba search di you tube yang bisa jadi sumber belajar dan ilmu pengetahuan.

Dan nemuin passion terkadang ga segampang nyari barang di buka lapak atau tokopedia. Terkadang butuh step back dan ngeliat apasih yang bisa bikin kamu bahagia. Dan seperti apa standar bahagia kamu seperti apa?. I am a low key person. Saya ga susah dibikin bahagia. Punya kerjaan yang bukan didaerah macet buat saya udah salah satu faktor kebahagiaan saya. Terkadang nih kita udah punya kerjaan sesuai passion tapi ada aja faktor-faktor lain yang bikin kamu malah drain. Either karena lokasi atau peer pressure atau lainnya.

Kalau kamu belum nemu passion tapi saat ini goalsnya cuman mau nominal gaji, well IT'S OKEY!. At least you are happy with it! If you not happy then just QUIT :).



Demikian kultum saya yang ngablu ini...

Kucuma kangen nulis... heheheu.


xxx
Ello





No comments:

Post a Comment