Wednesday, November 16, 2016

42K Along The Peaks in Magelang

It’s not the mountain we conquer but ourselves – Sir Edmund Hillary.

Tsaelaaah mentang-mentang lagi doyan naek gunung quotes nya bauk-bauk gunung gini…hehehe.

Setelah sukses finish di Rinjani 36K kemarin saya chat Rachel. “I think Am addicted with trail race!” 

Abis itu tiba-tiba saya mau daftar race yang paling deket gak lama dari Rinjani 100… yaitu Mesastila Peaks Challenge. Awalnya mau daftar yang 21K tapi setelah dikompor-komporin akhirnya naik ke 42K. Marathon distance. Gleg.

Mikirnya 36K di Rinjani aja udah bikin engap apalagi ini… 42K !

Dan jadilah selama bulan September saya dan beberapa teman setiaaaap weekend mostly hari Sabtu selalu ngabur ke daerah yang bisa untuk latihan trail. Kita ke Gunung Gede untuk cari altitudenya, terus Sentul buat latihan enurancenya, terus double summit di Bandung (Gunung Burangrang dan Tangkuban Parahu) buat peak training. 

Anyway saya baru tau di kota Bandung ada gunung namanya Burangrang. Si kecil-kecil cabe rawit ini yang steepy banget dan licin. Tingginya cuman 2000an samting lah.. Pas kesana banyak pohon rubuh dan ternyata gunung itu abis banjir karena hujan badai. Tapi view nya setelah puncak kece banget! Disana saya baru pertama kali liat yang namanya Situ Lembang. Edaan keren pisan laaah.

Pokoknya selama 3 minggu itu weekend selalu ngetrail dan pulang-pulang baju berlumpur. Untung si Ibu udah pasrah anaknya sering kabur-kaburan kalo weekend.

Target bisa top 5 tapi begitu liat pesertanya ada beberapa foreigner yah nampaknya jadi top 10 finisher wont matter lah . Lucky I met Rachel who is pretty ambitious dan excited banget setiap ngetrail. 


H-1 sebelum race cuaca agak hujan dan mendung di race area. Predikisi bakalan hujan seharian di hari H. Worry banget karena takut bakalan blister dan takut track licin. Sedangkan sepatu yang dipake (saya pake Brooks Pure Grit) kurang grippy kalo di medan yang licin. Dan malamnya saya dapat kabar kalo ada insiden yang (buat saya sih ini ngeselin banget) cukup bikin heboh karena ada pelari yang sudah start duluan dan sesaat di daerah Merapi beliau disiram dengan air keras. Pelari itu kebetulan perempuan yang cukup strong di dunia trail Indonesia. Sampai saat ini pun pelakunya belum ketangkep bahkan identitasnya masih belum diketahui. 

Dan jam 5 pagi race kategori 42K dimulai. Baru beberapa km dari garis start udah banyak yang merosot srodotan ke sawah yang licin. Abis itu masuk ke rumah warga yang ada di belakang gunung. Gak lama kemudian kita dibawa ke kawasan perkebunan kopi. Disini pace yang saya kayaknya terlalu cepet karena sempet ngerasa pusing dan mual. Sempet berhenti beberapa kali untuk ngurangin rasa pusing. Siapa suruh rute nanjak tapi pake pace marathon di road! hikss 

Setelah itu baru rute turunan sampai ke WS pertama yang ada di Kudusan. Sampe disitu baru refuel karena udah ngerasa laper banget. Nah abis itu baru deh penyiksaan sesungguhnya akan dimulai. Yaitu naik ke Gunung Andong. Start dari ketinggian 900 MDPL sampe ketinggian 1,926 MDPL itu bener-bener penyiksaan tiada tara. Rutenya steepy (BANGET). Berasa naik tangga yang ga abis-abis. Lutut sempet kram banget dan belum belajar manage nutrisi supaya ga kelaperan. And I almost gave up! Sampe kepikiran buat nyerah abis check point di puncak Andong. Tapi begitu liat jam udah nyelesain setengah course kenapa saya mesti nyerah. Toh COT (Cut Off Time) nya masih cukup kalo ga berhenti lama-lama. Begitu turunan di Andong saya udah segeran lagi dan lumayan bisa ngejar beberapa orang yang ada di depan saya.


Dari check point 1 ke WS 2 kira-kira cuman 4km an. Keluar dari gunung Andong dan sempat bingung karena markingnya kurang jelas abis itu masuk ke rumah-rumah warga. Saat di WS 2 hujan udah turun dan ngeliat ke arah Telomoyo awan gelap dan cukup tebal. Saya pun pakai jaket dan ngeluarin topi supaya ga basah-basah amat dan agak males ngeluarin jas hujan karena males sama bunyi kresek-kreseknya. Heheheh.

Begitu masuk ke daerah Telomoyo hujan makin deres dan udah agak banjir. Saya yang tadinya udah ngerasa agak capek entah kenapa begitu kena air dingin langsung seger lagi. Air dinginnya berasa kaya lagi mau ice bath :p

Disini pun juga nyoba power hike dan coba ngikutin satu cewe bule yang di depan. Dalam hati pengen banget ngebalap dia… (ini strategi lomba yang tidak disarankan :p ) tapi dia kuat banget power hikenya. Yang awalnya cuman beda 10 meter lama-lama makin jauh huwaaaa… Disini bisa ngebalap beberapa orang yang tadinya jauh di depan saya. Papasan sama Rachel yang padahal sempet leading di posisi 3. Dan setelah check point 2 untungnya rute selanjutnya itu downhill. Oke setelah itu pun saya sukses ngebalap si bule itu.

Di Telomoyo sendiri saya kira bakalan beneran kayak gunung gitu medannya, tanah atau bebatuan. Ternyata rute dari gapura sampai check point itu aspal dan nanjak terus sih emang. Viewnya sebenernya bagus sih. Hutan-hutan pinus sama ada banyak air terjun. Tapi sayang ujan deres jadi ga bisa poto-poto huhuhu.

Setelah dari Telomoyo rute selanjutnya masuk ke hutan-hutan gitu ada beberapa tanjakan sampe di WS dan Check Point ke 3 di Gunung Gilituri. Kalau udah ketemu WS disini berarti udah dikit lagi. 10K kurang lagi udah finish!. Rute dari sini banyak turunan. Turunannya pun seru. BANGET. Ada turunan yang tajem banget tapi kesusunan dari batu-batu gitu. Kalau ga hati-hati bisa kepleset. Disini saya berasa lagi fast feet drill. Biar ga bosen karena mesti ngeliat ke bawah terus hehehe. Dan selain turunan batu-batu ada juga turunan yang tanah gitu. Karena abis hujan lumayan deras kebayang doong kayak apa itu bentukan tanahnya. Licin cin ciiin… Kadang mesti nyari-nyari pegangan biar ga gedebak gedebuk jatohnya.

Duh pokoknya itu kalo liat keadaan saya waktu itu udah cemong-cemong penuh lumpur deh. Brutal banget hahaahha. Keluar dari hutan masuk lagi ke perumahan warga. Dan untungnya ada saluran air yang ngucur. Jadi bisa sekalian bilas-bilas dikit supaya pas finish keliatan kece (dikit).

Kirain yah abis keluar dari hutan itu si garis finish bakalan ga jauh lagi. Tapi kebetulan jam garmin saya udah abis batre dan partner saya dari Telomoyo sampe Finish si Kitiang juga ga pake jam, kita sama sekali ga tau berapa lama lagi atau berapa jauh lagi bakal sampe. Hrrrrrrrrrr.

Nanya sama panitia yang kebetulan pas-pasan dia bilang ga jauh dari sawah kira-kira 3km an lagi. Tapi kok asa ga nyampe-nyampe… hiiikssss.

Tapi gak lama kemudian keluar dari daerah sawah-sawah dan keluar tembusan di jalan raya yang deket sama hotel Mesastilanya. Horeeee dikit lagi sampe.
10 Jam aja saya finish 42KM di rute Mesastila dengan kondisi hujan-hujanan plus becek. Virgin marathon di trail. Dan seru banget banget bangeeet!

Meski ada kejadian yang ga enak dan cuaca kurang baik selama race saya enjoy banget di race ini. Meski sempet kebingungan beberapa kali karena markingnya ada yang kurang jelas ga ngurangin keseruan acara ini.


Well... semoga tahun depan mudah-mudahan bisa ikutan lagi dan penasaran sama 65K nya ; ).



Oh yess Am super addicted to trail race hehehe.

trophy for finisher under COT :)





PS: Anyway I just finished my first Ultra Trail at BTS few days ago. Will post about it later :D !

xxx
Ello

No comments:

Post a Comment